Minggu, 05 April 2015

Mesin Jumlah Listrik



1.      MESIN JUMLAH LISTRIK
Berfungsi untuk melakukan operasi hitung penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Komponen mesin – mesin jumlah listrik dan tugas jari-jari dalam menggunakan mesin jumlah listrik.
1.      Ciri-cirinya :
·         Kompone dan cara kerjanya mekanis.
·         Tenaga penggeraknya menggunakan tenaga listrik.
·         Kertas yang digunakan adalah kertas hitung 6,8 cm.
·         Tampa tombol On-off.
Ø  BAGIAN BAGIAN PENTING YANG PERLU DI KETAHUI
ü  Kunci angka Angka 0,1 sampai dengan 9 dengan menekan kunci-kunci ini, bilangan yang dibentuk oleh angka-angka yang bersangkutan disiapkan.
ü  Kunci tambah (+ )Dengan menekan kunci ini, bilangan yang
sudah disiapkan sebelumnya, dimasukkan ke dalam mesin untuk ditambahkan.
ü  Kunci kurang (–) Dengan menekan pada kunci ini, bilangan yang telah disiapkan terlebih dahulu dimasukkan ke dalam mesin sebagai pengurang.
ü  Kunci pengulang R Untuk menambah atau mengurang berulang-ulang dengan bilangan yang sama (R. Repeat).
ü  Kunci jumlah
bagian (sub total) ” ” Untuk memperoleh jumlah dari bilangan-bilangan yang telah dimasukkan terlebih dahulu,kemudian penjumlahan / pengurangan bilangan- bilangan berikutnya, dapat diteruskan. Setelah menekan kunci ini, mesin tidak netral.
ü Kunci jumlah (total)  * Untuk memperoleh jumlah akhir dari bilangan-bilangan yang dimasukkan terlebih dahulu. Setelah kunci ini ditekan, mesin Anda menjadi netral dan siap untuik menghitung soal berikutnya.
ü  Kunci tidak menjumlah  (#) Untuk mencetak suatu angka pada pita kertas hitung, akan tetapi Anda tidak menginginkan angka tersebut ikut ditambahkan. Gunanya untuk mencantum kan suatu angka sebagai tanda pengenal (nomor, tanggal)
ü  Kunci koreksi (C) Untuk menghapus angka-angka yang sudah disiapkan (belum dimasukkan).
ü  Indikator Untuk melihat berapa angka yang sudah disiapkan. Tiap kali Anda menekan satu kunci angka maka tiap kali pula jarum di dalam indikator bergerak satu tempat (spasi) ke kiri.
ü  Batang-batang pencetak Untuk mencetakkan angka-angka dan tanda- tanda pada pita kertas hitung.
ü  Pita kertas hitung Tempat mencetakkan angka-angka, tanda-tanda dan hasil perhitungan.
ü Pemotongan kertas - Untuk memotong kertas,bagian dari kertas hitung yang sudah dipakai. Berfungsi sebagai pembebas kertas. Jika diangkat ke atas, maka kertas hitung dibebaskan,hingga Anda dapat mengaturnya.
ü  Tombol penggulung kertas Untuk memutar naik atau turun kertas hitung.
ü  Penggulung kertas Tempat untuk menggulung pita kertas hitung (tertutup oleh kertas hitung).
ü Pita tinta (Tidak kelihatan). Dengan adanya pita tinta angka-angka dan tanda-tanda tertera pada kertas hitung.Jika jumlah akhir negatif (sisa kurang, sisa kredit), maka i belakang hasil akhir tertera tanda (*) dengan warna merah.
Mengoperasikan Mesin Jumlah Listrik

1. Jenis operasi
Untuk mengoperasikan mesin jumlah listrik ini steker Anda masukkan terlebih dahulu ke dalam stopkontak. Dengan demikian mesin sudah ada hubungan dengan aliran listrik dan Anda tidak perlu menekan atau memutar tombol untuk ”menghidupkan” mesin (on off switch).

Jenis-jenis Operasi pada mesin jumlah listrik seperti pada mesin jumlah tangan:
1.      Menetralkan mesin: menekan kunci total (*).
2.      Menyiapkan angka-angka:menekan kunci angka-angka bilangan yang akan dihitung. Tiap kali Anda menekan suatu kunci angka, jarum di dalam indikator bergeser satu tempat ke kiri.
3.      Menambah: setelah angka-angka bilangan yang akan disiapkan, Anda menekan kunci tambah (+) angka-angka akan tercetak pada #.
4.      Mengurangkan: setelah angka-angka bilangan yang akan dikurangkan disiapkan, Anda menekan kunci kurang (-) angka-angka tercetak dengan tanda
kurang di belakangnya.

Menjumlah bagian:
untuk memperoleh dari bilangan-bilangan yang sudah dimasukkan ke dalam mesin (menambah atau mengurangi), Anda tekan kunci subtotal (◊). Jumlah bagian akan tercetak pada kertas dengan tanda ”◊” di belakangnya. Mesin tidak netral dan Anda dapat meneruskan dengan menambahkan atau mengurangkan bilangan-bilangan berikutnya.

Menjumlahkan: untuk memperoleh jumlah akhir (total), Anda tekan kunci total (*). Setelah tindakan ini mesin netral.


Mengoreksi: membetulkan kesalahan.
= angka-angka salah disiapkan, Anda koreksi dengan jalan menekan kunci koreksi (C). Anda lihat jarum di dalam indikator meloncat ke kanan.
= bilangan yang salah Anda tambahkan Anda koreksi dengan jalan mengurangkan bilangan yang salah tersebut (hasilnya nol) kemudian Anda kurangkan bilangan yang betul.
= koreksi Anda lakukan pula tiap-tiap kali setelah Anda menggunakan kunci pengulang (R).

Menambahkan beberapa bilangan yang sama.
Setelah angka-angka bilangan yang sama //-0 tersebut Anda siapkan, Anda kunci pengulang (R) dan sambil menekan terus kunci R, Anda tekan (dan lepas lagi) kunci tambah (+) sekian kali sama banyaknya dengan bilangan yang sama tersebut sebelum meneruskan dengan menambahkan atau mengurangkan bilangan berkutnya, Anda tekan lebih dahulu kunci koreksi (C).

Mengurangkan beberapa bilangan yang sama:
Setelah angka-angka bilangan yang sama tersebut Anda siapkan, Anda tekan kunci pengulang (R) dan sambil menekan terus kunci R ini, Anda tekan (dan lepas lagi) kunci kurang (-) sekian kali sebanyak bilangan yang sama yang dikurangkan tersebut. Sebelum meneruskan dengan menambahkan atau mengurangkan bilangan berikutnya Anda tekan terlebih dahulu kunci R.

Mengalikan: setelah bilangan yang dikalikan Anda siapkan, Anda tekan kunci
R, dan sambil menekan terus kunci R, Anda tekan (dan lepas lagi) kunci +, sekian kali sama banyaknya dengan pengalinya. Untuk memperoleh hasil kalinya Anda tekan kunci total (*).

Perhatikan: Tiap-tiap langkah operasional pada mesin Anda harus lakukan satu demi satu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar